Minggu, 20 November 2011

ARTIKEL PENTINGNYA KINSISTEN DALAM MEMBUKA USAHA MANDIRI


keep going
Tentu Anda setuju ya, apapun bisnis yang kita lakukan, kunci utamanya adalah Promosi. Yang kedua, dan ternyata inilah yang PALING PALING PALING … PENTING, adalah KONSISTENSI.
Saya hampir sampai pada kesimpulan, inti masalah besar yang dihadapi para banyak sekali calon wirausahawan adalah soal yang satu ini. Konsistensi.
Sebagai gambaran, saya cerita sedikit ya. Beberapa tahun lalu, saya pernah membuka usaha privat les di rumah saya. Kerja saya:
1. Saya cari guru yang mau ngajar ke rumah-rumah siswa,
2. Saya cari murid yang privat/belajar di rumah nya.
Saya pasang iklan lowongan kerja, cari guru les. Ini tidak sulit. Banyak yang daftar. Saya bikin perjanjian dengan mereka dan buat beberapa peraturan.
Langkah berikutnya, saya pasang iklan di koran PR, yang merupakan koran terbesar di kota saya (bandung). Sekali pasang iklan saya keluar biaya Rp. 37.000 (untuk 2 baris)
Apa yang terjadi saat-saat awal saya memulai usaha ini?
Seharian saya nongkrongin telpon, nggak ada satu pun prospek yang nelpon. Wah! Besoknya saya pasang iklan lagi. Ada satu yang nelpon, tapi gak pasti. Besoknya saya pasang iklan lagi. Sudah mulai ada 3 prospek, tapi belum ada yang positif. Saya mulai bertanya-tanya, apakah saya terusin bisnis nya atau tidak? Saya mulai ragu. Saya mulai merasa ini bisnis yang tidak bagus. Buang uang saja!
Tapi saya putuskan untuk terus jalan. Tahukah Anda, barulah pada minggu kedua, ada 1 murid baru. Saya promosi lagi, dan terus promosi lagi. Akhirnya bulan itu saya berhasil dapat 10 siswa. Ya memang bulan pertama itu, saya masih rugi.
Bulan kedua, saya lakukan hal yang sama. Terus bulan 3, 4, 5. Dan akhirnya pada bulan ke-5 itu saya sudah punya siswa 120 orang dan sudah bisa mengantongi laba bersih di atas 9 juta per bulan.
Kurang lebih sudah 7 tahun usaha itu saya jalankan. Begitu juga prinsip yang sama saya terapkan ketika saya membuka usaha saya yang lainnya. Kini saya memiliki beberapa perusahaan, dan semua rumusnya satu aja. Saya konsisten. Sementara ada kawan saya juga mencoba melakukan usaha sejenis, namun dia terlalu cepat berhenti, padahal belum sampai satu bulan berjalan.
Nah, hal yang sama saya pikir juga terjadi di bisnis online. Sangat banyak yang tertarik berbisnis di internet. Mereka rela mengeluarkan banyak uang membeli berbagai macam ebook, software, script, tutorial, membership, dll. Tak terasa udah banyak uang yang dikeluarkan. Terus saja mereka LEARNING, BUYING, LEARNING, REGISTER, BUYING, LEARNING … dst.
Tapi ada SATU yang tidak mereka lakukan. Yaitu MAKE MONEY!
Dan anehnya, banyak yang tak mau membayar harganya. Harganya adalah KERJA dan PROMOSI. Lalu pelan-pelan mundur teratur.
Saya dulu pernah begitu. Banyak sekali uang yang saya habiskan untuk beli ini itu berbagai macam ebook di internet. Baru aja buka email, datang info peluang, langsung tertarik. Beli. Browsing, searching … ada info peluang lagi. Beli lagi.
Lha, akhirnya saya gak sempat promosi. Dan uang pun tentu nggak pernah masuk ke rekening. Ya, itulah salah satu masalah yang harus kita atasi di medan internet bisnis ini. Terlalu banyak informasi, sehingga kita nggak fokus. Dan akhirnya kita nggak konsisten melakukan HAL-HAL PENTING untuk make money.
Apakah Anda juga pernah mengalami? He he .. Kalau ya, berarti kita sama. Yuk mulai sekarang kita bikin perbedaan.
Untuk mendapatkan HASIL yang BEDA,
jangan lakukan dengan CARA yang SAMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar